Mewakili Presiden, Menag Akan Buka Perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang

By Admin

nusakini.com--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan membuka perayaan Imlek 2569 Kongzili dan Cap Go Meh 2018 di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. 

Kepala Kankemenag Kota Singkawang, Nahruji menyatakan, kehadiran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewakili Presiden RI Joko Widodo. 

Menurutnya berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Pemkot Singkawang, perayaan Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh 2018 akan berlangsung, Jumat (02/03), dan dipusatkan di kawasan Jalan Diponegoro Kota Singkawang. Seremonial akan berlangsung dari pukul 7.30 WIB. 

“Selain membuka Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh 2018, Menag Lukman Hakim juga akan memberi sambutan atas nama Presiden RI Joko Widodo,” ujarnya di Singkawang, Kamis (01/03). 

“Usai dari sana, sekitar pukul 10.00 WIB, Menag langsung bertolak ke Pesantren Pembangunan Ushuluddin Kota Singkawang yang tidak jauh dai lokasi perayaan Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh 2018,” sambungnya. 

Nahruji menambahkan, gelaran perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang tahun ini akan memecahkan empat rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), yakni: lampion terbanyak, gerbang Cap Go Meh terbesar, Tatung (orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur) terbanyak, dan replika naga terbanyak. 

Rangkaian parade Tatung akan menjadi sajian atraksi utama dalam pergelaran ini. Rencananya, parade Tatung akan mulai berjalan mengikuti rute mulai pukul 07.00 WIB. Saat ini, tercatat jumlah Tatung yang sudah didaftarkan ke MURI sebanyak 1.129 Tatung. 

Rute yang akan dilewati mulai halaman Kantor Wali Kota Singkawang di Jalan Firdaus- Jalan Diponegoro- Jalan Sejahtera- Jalan Budi Utomo- Jalan Salam Diman, Jalan Setia Budi-Jalan Niaga dan berakhir di Jalan Pai Bakir. 

Selain Menag, gelaran Gong Xi Fa Chai dan Cap Go Meh di Kota Singkawang akan dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya: Menteri Pemuda dan Olah Raga, Menteri Pariwisata, dan Menteri Perdagangan. (p/ab)